Pengelola Jurnal Balanga

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan BALANGA

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) Balanga merupakan kumpulan hasil penelitian bidang pendidikan dan teknologi kejuruan yang dihasilkan oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FKIP Universitas Palangka Raya, serta peneliti dari pihak lain sepanjang isinya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola jurnal. Jurnal ini mulai diterbitkan pada tahun 2013.

Adapun tujuan dari penerbitan jurnal ini secara spesifik adalah untuk mempublikasikan hasil pemikiran dosen dan mahasiswa sehingga dapat dibaca oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya demi kemajuan ilmu pengetahuan.

Jurnal ini dinamakan Balanga yang merupakan  jenis guci keramik khas dari Suku Dayak. Balanga atau “guci Dayak” memiliki harga tertinggi di antara keramik lainnya, karena bahannya tidak hanya dibuat dari tanah liat, tetapi dicampur dengan serbuk emas atau benda berharga lainnya dan bahkan hingga batu intan. Fungsi Balanga dipergunakan sebagai barang adat pada acara peminangan dan tempat menyuguhkan makanan bagi para leluhur atau roh-roh suci serta dipergunakan untuk membuat “Pantan Balanga”. Sesuai dengan filosofi tersebut, diharapkan Jurnal PTK Balanga bisa menjadi jurnal yang menyuguhkan hasil penelitian yang bermanfaat bagi perkembangan di dunia pendidikan, khususnya pendidikan teknologi dan kejuruan.

Photo Balanga : http://budaya-indonesia.org/Balanga/

Tim Pengelola Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Balanga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya:

Penanggung Jawab : 

Jhonni Rentas Duling, MT

Pemimpin Redaksi :

Jhonni Rentas Duling, MT

Wakil Pimpinan Redaksi  :

Lola Cassiophea, M.Eng

Bendahara :

Wiratno, MT

Dewan Editor :

1.Prof. Dr. Sanggam R. I. Manalu

2.Vontas Alfenny Nahan, ME

3.Harie Satiyadie, MT.

4.Tarita Aprilani S., MT

Redaksi Pelaksana :

1.Airways P. Siahaan, ST

2.Made Alit, ST

3.Edward Yosep T, ST

Staf Redaksi :

1.Elda Susanti E.B. Dopo,  S. Kom

2.Regianto, S.Hut