RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat)

Kebutuhan perumahan terus meningkat sangat pesat, khususnya di perkotaan pertumbuhan tersebut per tahun rata-rata mencapai 3,5%. Back log perumahan sampai dengan tahun 2003 telah mencapai 6 juta unit, sedangkan kebutuhan rumah baru setiap tahun mencapai 800.000 unit. Program penyediaan perumahan yang diselenggarakan pemerintah melalui Skim RSS/RS atau RSH sejak tahun 2002 belum mampu menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut.

Bahkan dari target pembangunan tahun 2002 sebanyak 130.000 unit, yang terealisasi hanya 39.797 unit saja, bahkan pada tahun 2003 dari target 92.500 unit, sampai dengan 30 September 2003 baru tercapai 15.126 unit, pada sisi lain kita menghadapi satu tantangan baru dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Pembangunan 1 Juta Rumah (GN-PSR) setiap tahun, yang disampaikan oleh Presiden RI pada perayaan hari habitat tahun 2003 di Denpasar Bali.

Risha mempunyai konsep bahwa seluruh komponen dapat di bongkar-pasang / knock down system, analogi dengan permainan anak-anak lego atau tamiya. Keuntungan dari RISHA adalah sebagai berikut :

Pembangunan Bertahap Dapat dikembangkan pada arah horizontal dan vertikal (2 lantai) Dapat dibongkar pasang Komponen ringan (maksimum 50 kg) Pemasangan hanya 1 hari (bilamana kondisi SDM dan lapangan seperti disyaratkan) Komponen dapat diproduksi secara home industry dalam upaya pengembangan UKM Fleksibilitas desain tinggi, tergantung kreatifitas arsiteknya Dapat mengakomodasi potensi lokal (budaya maupun bahan bangunan)

RISHA merupakan Rumah layak huni dan terjangkau dapat dibangun secara bertahap berdasarkan modul, dengan waktu yang diperlukan dalam proses pembangunan setiap modul 24 jam oleh tiga pekerja. Karena ukuran komponen mengacu pada ukuran modular maka komponennya memiiki sifat fleksibel dan efisien dalam konsumsi bahan bangunan. Telah memiliki 67 aplikator dan diterapkan sebanyak + 10.000 unit di Aceh paska Tsunami Keunggulan :

Lebih Cepat Lebih Murah Lebih Ramah Lingkungan Lebih Tahan Gempa Movable (knock-down) Lebih ringan Dapat dimodifikasi sebagai bangunan kantor, puskesmas, rumah sakit,dll.

Sumber: http://puskim.pu.go.id/risha-rumah-instan-sederhana-sehat/